BERTOBATLAH DENGAN TULUS HATI

Posted: Februari 27, 2011 in religion

oleh: St Fransiskus dari Paola, Rahib (± 1416-1507)

Kiranya Tuhan kita Yesus Kristus, Pemberi yang teramat murah hati, mengganjari kalian atas kerja kalian.

Hindarilah yang jahat, tolaklah marabahaya. Meski kami tak pantas, kami dan saudara-saudaramu tiada pernah berhenti berdoa kepada Allah Bapa dan kepada PutraNya Yesus Kristus dan juga kepada Santa Perawan Maria agar kalian boleh menerima segala yang kalian perlukan bagi kesejahteraan rohani dan jasmani kalian.

Oleh karenanya, dengan sungguh aku memperingatkan kalian, saudara-saudaraku, untuk memelihara kesejahteraan rohanimu dengan kepedulian yang bijak. Kematian itu pasti; hidup itu singkat dan lenyap bagai asap.

Sebab itu, arahkanlah pikiranmu pada passio Tuhan kita Yesus Kristus. Berkobar dalam kasih kepada kita, Ia turun dari surga guna menebus kita. Demi kita, Ia menanggung setiap siksa aniaya tubuh dan jiwa dan tak enggan menanggung penderitaan apapun. Ia Sendiri memberikan kepada kita teladan kesabaran dan kasih yang sempurna. Jadi, hendaknyalah kita sabar dalam penderitaan.

Singkirkanlah benci dan dengki. Tanggunglah derita demi menghindarkan diri dari kata-kata tajam. Apabila kata-kata yang demikian meluncur dari bibirmu, janganlah malu membiarkan bibirmu menawarkan obatnya, sebab ia telah mengakibatkan luka. Ampunilah seorang akan yang lain agar kelak kalian tidak akan mengingat-ingat lukanya. Mengingat-ingat luka itu sendiri adalah salah. Hal itu menambah murka kita, memelihara dosa dan membenci apa yang baik. Ia adalah anak panah berkarat dan racun bagi jiwa. Ia menyingkirkan segala kebajikan. Ia bagai ulat dalam pikiran: yang mengacaukan perkataan dan airmata kita dalam menyampaikan permohonan kepada Tuhan. Ia adalah sesuatu yang asing bagi cinta kasih: ia tinggal tertancap dalam jiwa bagai sebuah paku. Ia adalah kekejian yang tiada pernah lelap, dosa yang tak pernah gagal. Ia sungguh adalah kematian setiap hari.

Kasihilah dalam damai. Damai adalah suatu harta pusaka berharga yang patut dicari dengan penuh semangat. Kalian sadar benar bahwa dosa-dosa kita membangkitkan murka Allah. Oleh karena itu, haruslah kalian mengubah hidup kalian, agar Allah dalam kerahiman-Nya berkenan mengampunimu. Apa yang kita sembunyikan dari manusia diketahui oleh Allah. Karenanya, bertobatlah dengan tulus hati. Amalkanlah hidup begitu rupa agar kalian boleh menerima berkat dari Tuhan. Maka damai Allah Bapa kita akan besertamu senantiasa.

terjemahan oleh YESAYA: yesaya.indocell.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s